Karakteristik PTK

Setelah kita mengetahui definisi / pengertian penelitian tindakan kelas, maka kita dapat menemukan karakteristik Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang membedakannya dengan jenis-jenis penelitian lainnya.
Beberapa karakteristik Penelitian Tindakan Kelas yang dapat kita temukan , antara lain :

sebagaimana dikemukakan oleh Wardani ( 2008 ), yang menjadi karakteristik PTK antara lain :
  1. Adanya masalah dalam PTK dipicu oleh munculnya kesadaran pada diri seorang guru pada pelaksanaan ( praktik ) yang dilakukannya selama ini di kelas mempunyai masalah yang perlu diselesaikan. Guru merasa bahwa ada sesuatu yang perlu untuk diperbaiki, dan perbaikan itu  diprakarsai dari dalam diri guru itu sendiri. Bukan atas prakarsa orang lain.
  2. Self reflective inquiry, atau penelitian melalui refleksi diri.. Untuk melakukan refleksi, guru berusaha bertanya kepada diri sendiri. Misalnya bertanya dalam hati : " Apa yang menyebabkab hasil belajar siswa yang saya ajar rata-rata masih di bawah nilai ketuntasan minimal ?". Dari pertanyaan tersebut, guru akan memprakirakan penyebab dari permasalahan tersebut.
  3. Dilakukan di dalam kelas / proses belajar mengajar di sekolah. Fokus penelitian adalah pada bagaimana kegiatan pembelajaran berupa perilaku guru dan peserta didik dalam melakukan interaksi.
  4. Bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran. Perbaikan dilakukan secara bertahap dan terus menerus selama kegiatan penelitian dilakukan sampai diperoleh hasil terbaik. Sehingga dalam PTK dikenal pola : perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi-revisi ( perencanaan ulang )

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pengikut

Blog Archive