Pengertian PTK

PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ) merupakan terjemahan dari bahasa Inggris : Classroom Action Research , yakni suatu penelitian tindakan yang dilakukan di sekolah baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Makna PTK dari segi semantik Action research diartikan menjadi penelitian tindakan..
Beberapa definisi dari penelitian tindakan kelas antara lain :
Oleh Carr dan Kemmis , PTK didefinisikan sebagai : bentuk penelitian atau penyelidikan yang dilakukan  melalui refleksi diri oleh guru , siswa atau kepala sekolah dalam lingkungan pendidikan dengan tujuan utama untuk memperbaiki berbagai aspek dalam proses pendidikan.

Definisi lain dari PTK adalah penelitian sistematis yang dilakukan oleh guru / kepala sekolah atau konselor sekolah untuk untuk mengumpulkan informasi tentang berbagai praktik yang dilakukannya. Informasi ini digunakan untuk meningkatkan persepsi serta mengembangkan  " reflective practice " yang berdampak positip dalam berbagai praktik persekolahan, termasuk memperbaiki hasil belajar siswa ( Mills,2000 ).

Atau secara sederhana, Penelitian Tindakan Kelas  adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat ( Wardani, 2008 ).

Hal yang perlu juga kita ketahui bahwa, tujuan penelitian tindakan kelas tidak hanya terbatas untuk meningkatkan kinerja guru dan hasil belajar siswa, tetapi juga bisa untuk meningkatkan kualitas proses belajar yang ujung-ujungnya juga untuk meningkatkan kualitas peserta didik sebagai sumber daya manusia suatu bangsa..

sumber :
-Wardani, Wihardit ( 2008 ).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta, UT

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pengikut

Blog Archive